Sungai Montallat Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir di Barito Utara

Share
By Webmaster August, 09 2017 Info Penting
Sungai Montallat Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir di Barito Utara

Hujan deras yang mengguyut Provinsi Kalimantan Tengah mengakibatkan terjadinya banjir di Kab Barito Utara pada 9/08/2017. Banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Montallat (anak sungai Barito). Ratusan rumah di Desa Tongka, Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, terendam banjir bandang akibat meluapnya Sungai Montallat yang diguyur hujan cukup lebat pada Selasa (8/8) malam.

Akibat kejadian tersebut, 1 unit kantor desa, 2 unit rumah ibadah, dan 1 unit sekolah dasar terendam. Sebanyak 189 KK/± 150 rumah (756 jiwa) terendam banjir dengan ketinggian air 1-2 meter. Sebanyak ± 19 KK (76 jiwa) mengungsi ke gunung. Akses jalan darat ke lokasi terputus dan akses sungai berisiko tinggi.

Desa Tongka menjadi desa terparah yang terkena banjir. Sebab di desa ini ketinggian air mencapai 1-2 meter. Warga langsung mengungsi ke tempat aman. Selain Desa Tongka banjir juga merendam sejumlah desa lainnya, namun masih belum masuk rumah warga dan baru menggenangi jalan desa dengan ketinggian bervariasi antara 20 centimeter hingga 0,5 meter.

Ketinggian air didaerah yang berada di hulu sungai Montallat masih cukup tinggi, sehingga tidak memungkinkan warga untuk kembali. Saat ini instansi terkait masih berdatangan untuk memberikan bantuan dan mengevakuasi warga.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait