Tingkatkan Kewaspadaan Masyarakat Terhadap Bencana, Kaltim Perbanyak KSB

Share
By Staff PKK September, 15 2016 Info Penting
Tingkatkan Kewaspadaan Masyarakat Terhadap Bencana, Kaltim Perbanyak KSB

Semakin tingginya tingkat kerawanan bencana di Indonesia membuat setiap daerah menigkatkan kewaspadaan terhadap bencana. bencana bisa datang kapan saja tanpa bisa diprediksi, oleh sebab itu pengetahuan dan kesiapsiagaan bencana perlu ditanamkan kepada masayrakat terutama yang tinggal di daerah rawan bencana. saat ini untuk mendukung kewaspadaan masyarakat terhadap bencana, Pemprov Kaltim telah membentuk kampung siaga bencana (KSB), sampai saat ini Kaltim sudah memiliki 8 KSB. Pembentukan kampung siaga bencana ini di bentuk oleh Pemprov Kaltim melalui Dinas Sosial. Fokus pembentukan KSB ini untuk bisa meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana dan juga masyarakat mampu mengatasi setiap bencana yang terjadi untuk meminimalisir dampak dan kerugian akibat bencana.

KSB akan dibentuk dikampung atau desa yang memiliki tingkat kerawanan bencana cukup tinggi, seperti daerah yang rawan banjir, rawan kebakaranm rawan tanah longsor dan juga ancaman bencana lainnya baik bencana alam atau non alam. KSB yang dibentuk biasanya jauh dari ibukota kabupaten dan kota, sehingga diharapkan lembaga ini dapat membantu masyarakat mengatasi bencana di daerah tersebut. KSB juga diharapkan mandiri saat mengatasi bencana. sehingga tujuan dari pembentukan KSB ini agar bisa meminimalisir dampak bencana yang terjadi baik dari kerusakan hingga korban jiwa.

Bukan hanya di Kaltim, berbagai daerah lain juga nantinya akan dibentuk KSB terutama di daerah yang rawan bencana. Kaltim saat ini sudah memiliki 8 KSB yaitu, KSB Kota Samarinda di Kelurahan Lempake dan Kelurahan Simpang Tiga Loa Janan Ilir, KSB Kota Balikpapan di Kelurahan Tritip, KSB Kutai Timur di Kelurahan Singa Geweh, KSB PPU Kelurahan Sepaku, KSB Paser Kelurahan Longkali, KSB Kutai Barat di Kampung Lambing dan KSB Kutai Kartanegara Desa Muara Badak Ulu. Diharapkan dengan KSB ini akan membuat masyarakat menjadi mandiri terhadap bencana, KSB juga bisa berperan sebagai pencegahan dini terhadap Bencana.

 

 

Sumber : http://www.kaltimprov.go.id/berita-kaltim-perbanyak-ksb-untuk-tingkatkan-kewaspadaan-bencana.html

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait