Tips Agar Rumah Tidak Terkena Banjir

Share
By Webmaster July, 05 2017 Tips Siaga Bencana
Tips Agar Rumah Tidak Terkena Banjir

Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan bencana banjir. Bencana ini sudah akrab ketika masuk musim hujan. Beberapa daerah banyak yang direndam banjir. Tak heran, akibat kejadian tersebut banyak aktifitas masyarakat yang terganggu. Banjir juga mampu melumpuhkan jalanan.

Sementara itu, bagi mereka yang pernah mengalami kebanjiran tentu sangat menghindari kejadian tersebut, sebab ketika banjir datang tentu kita harus sudah siap untuk menyelamatkan diri dan juga barang berharga. Terlebih lagi jika banjir tersebut besar dan merendam rumah kita. Oleh sebab itu, ada baiknya kita untuk mencegah agar rumah kita terhindar banjir.

Mencegah Rumah Terhindar Banjir

Membuat Lubang Biopori

Lubang biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Ada baiknya kita untuk menanam bipori di area pekarangan rumah. Sehingga ketika hujan, air akan meresap ketanah dan tidak menggenang dipermukaan.

Selalu Periksa Saluran Pembuangan

Alangkah baiknya anda untuk rutin mengecek saluran pembuangan. Lihat apakah disaluran pembuangan air ada sampah atu tidak. Sebab jika saluran air mampet akan menyebabkan terjadinya banjir

Menutup Lubang Drainase

Biasanya air akan masuk melalui lubang drainase atau lubang kamar mandi, oleh sebab itu, ketika hujan deras kita perlu menutup lubang drainase dengan kain atau lilin. Hal tersebut bisa menghambat datangnya air.

Menanam Tanaman Penyerap Air

Menanam tanaman penyerap air juga bisa dijadikan solusi untuk mengurangi dampak banjir, ada beberapa jenis pohon yang dikenal dapat menyerap air dengan baik yakni pohon bambu, pohon jati, rumput akar wangi, mahoni, jabon, asam jawa, hingga palem putri.

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait