Tips Siaga Bencana - Tips Menghindari Bahaya Kabut Asap

Share
By Webmaster March, 28 2017 Tips Siaga Bencana
Tips Siaga Bencana - Tips Menghindari Bahaya Kabut Asap

Bencana kabut asap yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan memang menjadi perhatian banyak pihak. Daerah seperti di Pulau Sumatera dan Kalimantan sangat sering terjadi kebakaran hutan. hampir setiap tahun harus merasakan dampak buruk kebakaran hutan di wilayah tersebut. kebakaran terjadi bukan hanya karena faktor alam, melainkan juga karena faktor manusia. Ada orang yang sengaja membakar lahan untuk kepentingan namun harus mengorbankan banyak orang karena dampak yang ditimbulkan sangat besar.

Fenomena kebakaran hutan mau tidak mau menjadikan kabut asap yang ditimbulkan mengganggu aktivitas hidup manusia. Bukan hanya mengganggu aktivitas hidup manusia, bukan Cuma itu, kabut asap juga akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan seperti batuk-batuk ringan hingga berat, juga penyakit yang lebih berbahaya seperti ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan), bahkan bisa berakibat kematian. Berikut adalah hal yang perlu dilakukan ketika terjadi kabut asap.

Cara Menghadapi Bahaya Kabut Asap

Gunakan Masker Walapun Berada didalam Rumah

Diwilayah terdampak kabut asap memang diwajibkan menggunakan masker. Masker tidak hanya digunakan ketika diluar ruangan, didalam rumah pun kita perlu menggunakan masker. Asap bisa dengan mudah untuk masuk kerumah warga Pemakaian masker dapat mengurangi zat-zat berbahaya yang dapat masuk ke saluran nafas, sebab masker bisa berfungsi sebagai penyaring udara.

Perbanyak Minum Air Putih dan Konsumsi Buah Serta Sayuran

ketika tubuh bekerja lebih keras maka kehilangan cairan tubuh akan lebih cepat terjadi. oleh sebab itu perbanyaklah minum air putih dan mengkonsumsi buah dan sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan bisa menghalangi bakteri yang menimbulkan penyakit masuk ketubuh.

Menghindari aktivitas di luar rumah

Ketika terjadi kabut asap, melakukan aktifitas diluar ruangan tidaklah baik ditambah dengan Ketidaktersediaan penyaring udara di alam bebas akan memperburuk suasana. Sehingga memang diharuskan untuk tetap berada diruangan.

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait