Tips Siaga Bencana – Cara Cerdas Menangkal Banjir

Share
By Webmaster August, 04 2017 Tips Siaga Bencana
Tips Siaga Bencana – Cara Cerdas Menangkal Banjir

Untuk masyarakat Indonesia terutama mereka yang tinggal di Jakarta tentu sudah tidak asing lagi dengan bencana banjir. Bencana yang hampir terjadi setiap kali musim hujan ini memiliki dampak yang buruk. Bukan hanya merendam rumah dan jalan, banjir juga akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan.

Bagi mereka yang tinggal didaerah rawan banjir tentu harus sudah memiliki langkah langkah cerdas untuk meminimalisir banjir atau setidaknya banjir tidak masuk ke rumah. Banjir yang terjadi bukan hanya karena faktor alam, namun juga bisa terjadi karena faktor manusia. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir dampak banjir bagi rumah dan keluarga Anda?

Cara Cerdas Mencegah Banjir

Rajin Membersihkan Saluran Air

Mencegah banjir bisa dimulai dari diri sendiri. Pastikan selokan dan saluran air rumah anda rutin dibersihkan dan bebas dari sampah atau kotoran lainnya. Lakukan pembersihan seminggu sekali jika terdapat penyumbatan dalam pipa. Untuk membersihkan saluran air, bisa menggunakan natrium hidroksida atau Soda Api.

Jangan Biarkan Sampah Menumpuk

Sampah menjadi sumber utama terjadinya banjir. Sampah yang menumpuk disaluran air akan menyebabkan terjadi banjir saat musim hujan. anda harus bisa memastikan tidak ada sampah yang menumpuk di tempat sampah dan area pekarangan rumah. Sampah yang menumpuk bukan hanya menyebabkan banjir, namun juga akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Tanam Pohon Penyerap Air

Jika anda memiliki area halaman rumah. Tidak ada salahnya untuk menanam pohon. Anda bisa menanam pohon bambu karena pohon bambu merupakan pohon yang bisa menyerap air dengan baik. selain itu anda juga bisa menanam tanaman lain seperti, pohon trembesi, mahoni, akasia, jabon, asam jawa, palem putri, dan lain sebagainya.

Membuat Lubang Biopori

Membuat lubang biopori dipekarangan rumah bisa menjadi solusi sederhana untuk mencegah banjir. Lubang bipori merupakan lubang resapan silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah

 

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait