TIps Tetap Aman Berkendara Saat Malam Hari

Share
By Staff PKK December, 01 2016 Info Penting
TIps Tetap Aman Berkendara Saat Malam Hari

Berkendara pada malam hari memang membutuhkan konsentrasi tersendiri, terlebih bagi anda yang tidak biasa dengan suasana malam tentu saja anda perlu ekstra khusus dalam berkendara saat malam hari. Berkendara dengan menggunakan mobil pada malam hari memang menjadi salah satu kegiatan yang cukup berbahaya karena dari berbagai kecelakaan mobil yang fatal sekitar 49% terjadi saat malam hari. Jadi untuk menghindari kecelakaan saat malam hari, anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti yang akan dibahas dibawah ini.

Memastikan Kaca Mobil Tetap Bersih

Anda akan merasa tidak nyaman apabila kaca mobil anda masih kotor karena akan mengakibatkan jarak pandang dan penglihatan terganggu. Untuk itu anda bisa membersihkan kaca mobil anda sebelum mulai bepergian saat maalm hari. Pastikan juga penampung pembersih kaca mobil terisi penuh karena apabila anda terkena cipratan kotor maka anda bisa segera membersihkannya.

Lampu Masih Berfungsi Normal

Dengan pencahayaan yang baik tentu saja meningkatkan keamanan dalam kegiatan berkendara anda di malam hari. Gunakan juga lampu yang sesuai dengan standar, jangan alih alih anda ingin tetap merasa aman tetapi membuat orang lain yang melihat lampu mobil anda menjadi terganggu penglihatannya.

Selalu Atur Sorot Lampu depan Dengan Baik

Beberapa orang terkadang mengatur lampu sorotnya secara tidak wajar. Terlalu rendah atau terlalu atas, jika terlalu rendah maka anda tidak akan bisa melihat jalan dengan baik, jika terlalu atas maka akan mengganggu pengendara lainnya. Untuk itu perlu adanya kesadaran setiap individu dalam melakukan settingan sorot lampu agar tidak membahayakan diri sendiri dan mengganggu orang lain.

Jangan Gunakan Filter Kaca Yang Terlampau Gelap

Ukuran yang disarankan dalam menggunakan filter kaca adalah 20% pada kaca depan dan juga 40% pada kaca belakang.

Ajak Teman Untuk Menemani Perjalanan

Mengajak teman dalam berkendara saat malam hari tentu lebih baik ketimbang anda sendirian dalam berkendara. Hal ini untuk mencegah tindak kejahatan yang biasanya terjadi pada malam hari.

Semoga tips diatas dapat berguna bagi anda yang ingin tetap aman dalam berkendara malam hari.

Sumber : http://bsfm.maroskab.go.id/2016/10/tips-berkendara-pada-malam-hari.html

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait