5 Penyakit yang Harus Diwaspadai Saat Pancaroba

146

 5 Penyakit yang Harus Diwaspadai Saat Pancaroba

Pancaroba adalah sebuah kondisi dimana cuaca mengalami keadaan yang tidak menentu, dimana siang terasa begitu panas dan malam hari turun hujan deras. Dengan kondisi cuaca demikian, seseorang yang tidak sedang berada pada kondisi fit, akan mengalami penyakit penyerta yang biasa datang bersamaan dengan musim pancaroba seperti saat ini.

Tubuh seseorang dapat terserang penyakit di musim pancaroba karena tubuh dipaksa untuk terus beradaptasi dengan kondisi cuaca yang sedang terjadi. Sehingga dengan demikian, melakukan persiapan dengan meminum vitamin, berolahraga, dan mencukupi kebutuhan gizi dalam tubuh menjadi hal yang penting agar kita tidak terserang berbagai penyakit.

Penyakit di Musim Pancaroba

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang biasa ditemukan bersamaan dengan datangnya musim pancaroba, diantaranya adalah:

  1. Flu

  2. Demam berdarah

  3. ISPA

  4. Chikungunya

  5. Diare

Dengan mengetahui beberapa penyakit penyerta di musim pancaroba diatas, diharapkan masyarakat bisa melakukan berbagai tindakan preventif, agar dapat tetap melakukan aktivitas dengan sehat selama musim pancaroba.

Tetap terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta bersegera dalam melakukan pemeriksaan apabila mengalami beberapa gejala penyakit diatas ke fasilitas kesehatan terdekat, agar bisa segera mendapatkan pertolongan dan penanganan yang cepat, tepat, dan sesuai dengan diagnosis dari gejala yang muncul.

Jangan lupa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi untuk membentuk Herd Immunity atau kekebalan kelompok ditengah masyarakat. Selain itu, hal ini juga akan meminimalisir risiko hospitalisasi dan kematian akibat COVID-19.