3 Langkah Efektif Menghadapi Gelombang Pasang Ketik Berada di Dalam Rumah

Monday, 16 August 2021

27

3 Langkah Efektif Menghadapi Gelombang Pasang Ketik Berada di Dalam Rumah

Gelombang pasang merupakan sebuah bencana alam yang diakibatkan adanya sebuah gelombang laut berkekuatan dan berukuran diatas batas rata- rata, sehingga hal tersebut bahaya baik ketika berada di lautan, daratan, maupun masyarakat yang bermukim di bibir pantai tempat dimana gelombang pasang tersebut terjadi.

Tidak dapat dipungkiri, dengan dijadikannya laut sebagai sebuah tempat wisata atau lokasi bermukim, maka banyak bangunan – bangunan yang didirikan di sekitar pantai tersebut. Namun ada hal yang perlu diwaspadai mengenai dampak mendirikan bangunan di area yang dekat dengan pantai, salah satunya terdampak gelombang pasang.

Ada 3 langkah yang perlu diperhatikan dan dilakukan oleh seluruh masyarakat khususnya yang berada di dalam rumah atau memiliki hunian berada di sekitar dataran pantai. Seperti :

1. Cabut Aliran Listrik dan Matikan Aliran Listrik

Gelombang laut yang naik ke daratan dan bersentuhan langsung dengan bangunan milik masyarakat yang dialiri oleh listrik, akan menyebabkan adanya konsleting dan juga membahayakan bagi orang – orang yang saat itu berada di genangan air, karena hal tersebut dapat menjadikan seseorang tersengat aliran listrik.

2. Bawa masuk barang – barang kedalam rumah

Melihat adanya kekuatan air dan juga angin yang bertiup selama gelombang pasang terjadi, menyelamatkan barang – barang yang berada di luar rumah merupakan hal yang harus dilakukan oleh masyarakat agar tidak terbawa oleh angin.

3. Mencari informasi dan petunjuk

Adanya sebuah bencana, mengharuskan seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan mendengarkan informasi – informasi atau arahan terkait bencana yang tengah berlangsung, seperti lokasi evakuasi hingga ada atau tidaknya bencana susulan.

Dengan memperhatikan dan menjalankan ketiga hal diatas, masyarakat diharapkan untuk bisa bertahan dan meminimalisir dampak yang terjadi selama gelombang pasang terjadi. Apabila ditemukan adanya cedera fisik akibat bertahan atau selama proses evakuasi, masyarakat diharapkan bisa melaporkan dan mendapatkan perawatan di fasilitas – fasilitas kesehatan yang tidak terdampak oleh adanya gelombang pasang.

Sumber :

1. https://bpbd.cianjurkab.go.id/contents/detail_deskripsi.php?id=8 

2. https://bpbd.tasikmalayakota.go.id/2018/02/01/siaga-bencana-gelombang-pasang/