3 Langkah Menghadapi Banjir

Minggu, 10 Januari 2021

10

3 Langkah Menghadapi Banjir

Banjir merupakan sebuah bencana yang sangat umum dirasakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di wilayah perkotaan. Banjir merupakan sebuah bencana alam yang membuat keadaan di suatu tempat atau daerah, mengalami luapan air dalam skala besar, sehingga air merata menutupi jalan – jalan yang ada di daerah tersebut.

Banjir biasanya terjadi dikarenakan curah hujan yang tinggi dan diperparah dengan kondisi tanah yang masih jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan permukaan laut. Dengan volume air yang cukup tinggi, Selain akan menutupi jalan – jalan yang dilalui oleh kendaraan umum, banjir juga bisa terjadi hingga masuk ke dalam rumah – rumah atau bahkan gedung perkantoran dan rumah sakit.

Melihat bahaya yang ditimbulkan akibat bencana banjir yang menutupi jalan – jalan sekitar dan membuat seseorang tidak bisa melihat apa yang dilaluinya, berikut 3 langkah yang harus dilakukan untuk bisa dilakukan untuk menghadapi bencana banjir =

  1. Beranjak ke Tempat Tinggi

    Langkah pertama ini adalah langkah yang paling sederhana untuk menghindar banjir yang terjadi di dalam rumah maupun di tempat – tempat lainnya. Dengan kita menuju ke lokasi yang lebih tinggi, maka air banjir yang kotor dan membawa banyak kuman tidak akan bersarang di kaki atau anggota tubuh lain dari seseorang.

  2. Waspada dengan Saluran Air  

    Dalam menuju tempat yang lebih tinggi, ketika banjir khususnya yang berada di luar rumah, diharapkan untuk bisa juga mewaspadai adanya kubangan atau saluran air yang ada di jalan yang tertutup banjir. Selain untuk menjaga diri agar tidak terjatuh dan tenggelam di dalam kubangan, hal ini juga penting diperhatikan karena adanya arus bawah dari saluran air yang terkadang cukup deras.

  3. Matikan Jaringan Listrik 

    Yang terakhir, sebelum melakukan evakuasi dan menyelamatkan barang berharga, pastikan semua aliran listrik sudah dimatikan dan jangan menyentuh apapun yang memiliki muatan listrik selama berada berdiri di genangan banjir. Hal tersebut akan sangat berbahaya jika barang yang disentuh tersentuh air, selain bisa menyebabkan konslet pada barang tersebut, kemungkinan anda untuk tersetrum aliran listrik juga tinggi.

Dengan mengetahui langkah – langkah yang harus dilakukan selama banjir, diharapkan masyarakat tidak lagi panik dan mampu melakukan hal – hal penting apa saja yang harus dilakukan, terutama terhindar dari sengatan listrik dan penyakit kulit dan diare akibat air kotor yang dibawa oleh banjir.

Sumber =

 https://pendidikan.kulonprogokab.go.id/detil/1327/cara-menghadapi-bencana-banjir

https://pusdataru.jatengprov.go.id/ppid/dokumen/bencana/Apa-itu-banjir-dan-cara-menghadapi-bencana-banjir.pdf