3 Tips Menghindari Bencana Tanah Longsor

395

3 Tips Menghindari Bencana Tanah Longsor

Memasuki musim penghujan, banyak yang harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia, khususnya yang bertempat tinggal di lokasi yang rawan terkena bencana. Berbagai persiapan yang harus disiapkan tersebut adalah informasi bencana, persiapan mengungsi, hingga persiapan kondisi tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit penyerta musim hujan.

Bentuk persiapan lainnya yang tidak kalah penting adalah memahami tips terhindar dari bencana yang sering terjadi saat musim hujan, salah satunya adalah tanah longsor. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban luka maupun korban jiwa di tengah masyarakat.

Tips terhindar Bencana Tanah Longsor.

Berikut ini adalah 3 tips terhindar dari bencana tanah longsor yang wajib diketahui, diantaranya adalah:

  1. Tidak membuat kolam atau sawah di atas lereng 

Hal ini dimaksudkan agar menghindari daya hidrostatika yang dapat menjadi pemicu gerakan tanah dan menyebabkan longsor.

  1. Tidak membangun rumah di daerah tebing.

Bagi masyarakat yang saat ini memiliki rencana membangun rumah, perhatikan lokasi pembangunan rumah tersebut, agar tidak berada di daerah tebih, sehingga meningkatkan potensi terkena longsor.

  1. Tidak menebang pohon di sekitar lereng.

Pohon memiliki peran yang cukup penting untuk meminimalisir potensi longsor, karena semakin banyak pohon, maka semakin kuat dan stabil tanah yang ditanami. Hal ini terjadi akibat adanya akar-akar pohon yang menyebar dan saling bersinggungan.

Dengan mengetahui tips terhindar dari bencana longsor diatas, diharapkan dapat menginformasikan kepada masyarakat mengenai apa yang harus dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir potensi bencana longsor.

Tetap terapkan perilaku hidup sehat, dan bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit penyerta musim hujan, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.