4 Cara Mencegah Penyakit Leptospirosis saat Bencana Banjir

155

4 Cara Mencegah Penyakit Leptospirosis saat Bencana Banjir

Apa itu penyakit Leptospirosis? Pertanyaan ini mungkin akan sulit dijawab oleh beberapa orang, karena memang masih cukup asing di tengah masyarakat indonesia. padahal penyakit ini merupakan salah satu penyakit zoonosis yang menjadi salah satu masalah kesehatan di tengah masyarakat Indonesia.

Pada beberapa daerah di Indonesia, Leptospirosis menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat indonesia hingga menjadi pemicu terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB).

Penyebab penyakit Leptospirosis ini adalah infeksi bakteri yang berbentuk spiral dari genus Leptospira yang patogen, menyerang hewan dan manusia. Selain itu penyakit ini juga dapat meluas apabila pada suatu daerah memiliki populasi tikus (rodent) sebagai reservoir Leptospirosis yang tinggi, dan buruknya sanitasi lingkungan serta semakin meluasnya daerah banjir.

Mencegah Penyakit Leptospirosis

Melihat kondisi tersebut, maka penting bagi kita untuk melakukan berbagai macam upaya pencegahan penyakit leptospirosis, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menghindari air yang sudah terkontaminasi dan pastikan kebersihannya sebelum mengkonsumsinya.

  2. Memakai sepatu dari karet dengan ukuran tinggi, dan sarung tangan karet bagi kelompok kerja yang berisiko tinggi tertular leptospirosis.

  3. Membersihkan dengan desinfektan bagian-bagian rumah, kantor, atau gedung

  4. Berperilaku hidup bersih dan sehat, yakni menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Dengan menerapkan beberapa cara mencegah penyakit leptospirosis saat banjir diatas, diharapkan dapat memberikan informasi dan dorongan kepada masyarakat untuk selalu disiplin dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, terutama saat banjir terjadi.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat yang tidak terdampak apabila mengalami gejala penyakit leptospirosis, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.