4 Langkah Aman Saat Terjadi Angin Puting Beliung

170

4 Langkah Aman Saat Terjadi Angin Puting Beliung

Apa itu Angin Puting Beliung? Menurut pengertiannya, angin puting beliung adalah pusaran angin kencang yang memiliki kecepatan hingga 120 km/jam atau lebih dan banyak terjadi di wilayah tropis diantara garis balik utara dan selatan. Bencana ini biasa terjadi diakibatkan oleh tekanan dalam suatu sistem cuaca.

Sebagai salah satu bencana yang sulit untuk diprediksi, penting bagi kita untuk mewaspadai terjadinya angin puting beliung di sekitar lingkungan kita. Karena hanya dengan demikian, kita dapat meminimalisir potensi jatuhnya korban jiwa maupun korban luka.

Berikut ini adalah beberapa hal terkait apa yang harus dilakukan saat terjadi angin puting beliung, diantaranya adalah:

  1. Mencari tempat perlindungan yang terdekat dan aman

  2. Jika sedang berada di dalam bangunan, maka anda bisa segera menuju ke ruangan atau tempat evakuasi yang telah disiapkan sebelumnya.

  3. Apabila kita sedang berada di dalam kendaraan, maka segera evakuasi ke tempat yang aman  dan tidak terjangkau dengan angin puting beliung

  4. Jika berada diluar ruangan, maka segera menjauh dari lokasi yang dimungkinakan akan terjadi angin puting beliung, dan saat terjadi, segera tiarap serendah mungkin seperti saluran air atau sejenisnya dan lindungi area kepala dan leher.

Mengetahui apa yang harus dilakukan saat terjadi angin puting beliung adalah hal yang penting dan harus dilakukan dengan baik, agar kita dapat terhindar dari berbagai kemungkinan terburuk dari bencana angin puting beliung tersebut.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami cedera saat melakukan evakuasi, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dari para petugas kesehatan.