4 Langkah Bertahan di Masa Kekeringan

Jumat, 27 Agustus 2021

32

4 Langkah Bertahan di Masa Kekeringan

Kemarau berkepanjangan dan curah hujan yang cukup rendah, mengakibatkan beberapa wilayah dapat mengalami bencana kekeringan. Kurang nya sumber air untuk keberlangsungan hidup masyarakat dan makhluk hidup lainnya merupakan mimpi buruk yang akan mengakibatkan mati nya tumbuh – tumbuhan, serta terganggunya kesehatan manusia.

Melihat bagaimana sangat butuhnya kita terhadap pasokan air, maka berbagai cara untuk mencegah datangnya bencana kekeringan ini dapat terjadi, mulai dari menggunakan air dengan baik sesuai dengan kebutuhan, hingga tidak menutup daerah resapan air dengan plester dan juga ubin. Namun kekeringan masih saja terjadi di beberapa daerah di Indonesia diakibatkan oleh faktor alam itu sendiri.

Untuk menghadapi bencana kekeringan tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk bertahan di masa kekeringan yang melanda, seperti berikut ini :

  1. Membuat sumur – sumur pantek atau sumur bor untuk bisa mendapatkan sumber air dari dalam tanah.
  2. menyediakan air bersih melalui tangki – tangki air yang telah disediakan oleh dinas wilayah yang mengalami bencana kekeringan tersebut.
  3. menyediakan pompa – pompa air di beberapa titik mata air yang dapat digunakan secara bersama –sama
  4. pemerintah serta dinas terkait, diharapkan mampu melakukan penyemaian hujan buatan di daerah – daerah tangkapan hujan.

Keempat hal diatas merupakan sebuah langkah yang dapat dilakukan masyarakat dan juga pemerintah setempat untuk bertahan dimasa bencana kekeringan yang sedang terjadi. Karena menjaga kebutuhan air bagi tubuh dan juga lingkungan, adalah kebutuhan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup dan kesehatan seluruh makhluk hidup. 

Sumber : https://bpbd.tasikmalayakota.go.id/wp-content/uploads/2018/02/05122017-siaga-bencana-kekeringan-1-1.jpg