4 Langkah Mencegah Terjadinya Banjir

216

4 Langkah Mencegah Terjadinya Banjir

Sebagai salah satu bencana yang paling sering terjadi saat musim hujan berlangsung, banjir harus mendapatkan perhatian khusus. hal ini dilakukan agar penyebaran penyakit yang terbawa oleh banjir dapat lebih diminimalisir, selain itu juga agar berbagai aktivitas masyarakat tidak terganggu akibat banjir yang selalu datang saat hujan terjadi.

Adapun cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tindakan pencegahan sebelum hujan datang dan banjir terjadi. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah banjir yang harus dilakukan untuk meminimalisir potensi banjir, diantaranya adalah:

  1. Menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah ke selokan maupun sungai yang dapat menyebabkan terhambatnya saluran air.

  2. Menghindari mendirikan bangunan di pinggiran sungai, selain hal ini bisa menjadi penyebab banjir, mendirikan hunian di pinggiran sungai akan membuat tidak teraturnya tatanan masyarakat.

  3. Hindari penebangan hutan secara liar dan terapkan program tebang pilih serta reboisasi untuk membuat regenerasi hutan terus berlanjut dan tidak menyebabkan hutan gundul.

  4. Rutin membersihkan saluran air yang dilakukan secara bergotong royong dalam waktu yang berkala, sehingga kebersihan dan kelancaran aliran sungai dapat tetap terjaga dan meminimalisir potensi banjir.

Dengan menerapkan beberapa hal diatas, diharapkan dapat meminimalisir potensi banjir di beberapa daerah di Indonesia yang tergolong sebagai daerah rawan banjir.

Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat yang tidak terdampak apabila terjadi cedera saat banjir terjadi maupun saat melakukan evakuasi, agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin  dari petugas kesehatan.