5 Alat yang Wajib Dibawa Selama Mengungsi

56

5 Alat yang Wajib Dibawa Selama Mengungsi

Setiap bencana yang terjadi, memberikan banyak kesedihan bagi seluruh masyarakat terdampak. Bagi mereka yang berhasil selamat, mereka juga harus meninggalkan rumahnya yang tersapu atau terdampak dari bencana yang terjadi. Peristiwa ini pada akhirnya akan membawa setiap korban selamat menuju lokasi tenda pengungsian.

Kondisi demikian memang tidak bisa diprediksi, namun bisa untuk dipersiapkan. Disaat harus mengungsi, kita membutuhkan barang-barang yang berguna dan bermanfaat untuk kehidupan kita kedepannya, berikut ini adalah 5 barang wajib yang harus kamu bawa saat berada di pengungsian, diantaranya adalah:

  1. Obat-obatan

Obat obatan pribadi merupakan hal yang penting untuk dibawa, mengingat apabila terdapat penyakit khusus, akan sulit mendapatkan bantuan obat-obatan selama berada di pengungsian.

  1. Dokumen penting

Membawa dokumen penting ke daerah pengungsian merupakan hal yang harus dilakukan selanjutnya, hal ini untuk meminimalisir dokumen tersebut hilang atau terdampak bencana yang sedang terjadi.

  1. Perlengkapan Mandi dan Baju Bersih

Menjaga diri tetap bersih dengan tidak menggunakan alat mandi secara bersama-sama adalah salah satu cara bijak untuk menghindari paparan penyakit selama berada di dalam pengungsian.

  1. Survival Kit

Terdiri dari perlengkapan seperti peluit, senter, baterai, handphone dan power bank merupakan salah satu cara untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga dengan barang tersebut, dapat terus melakukan update informasi dan posisi

  1. Masker

Hidup berdampingan di sebuah tempat yang padat orang, merupakan hal yang cukup bahaya, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, sehingga menggunakan masker dan membawa masker cadangan, adalah cara terbaik untuk meminimalisir paparan virus.

Dengan mengetahui 5 barang wajib saat berada di dalam pengungsian, diharapkan mampu mempermudah kehidupan selama berada di pengungsian. Tetap gunakan masker dan terapkan budaya hidup sehat untuk meminimalisir penyebaran bibit penyakit.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan yang tidak terdampak apabila mengalami luka saat masa evakuasi agar bisa segera mendapatkan pertolongan dan penanganan yang cepat dan tepat.