5 Langkah Penting Saat Terjadi Gempa Bumi

Monday, 30 August 2021

10

5 Langkah Penting Saat Terjadi Gempa Bumi

Secara geografis, Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik yaitu lempeng Benua Asia, Benua Australia, lempeng Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Selain itu, Indonesia juga memiliki sabuk vulkanik (volcanic arc) yang terdapat pada bagian selatan dan bagian timur Indonesia. Sehingga dengan kondisi demikian, Indonesia termasuk menjadi salah satu negara yang memiliki potensi gempa bumi yang cukup tinggi.

Melihat kondisi demikian, langkah antisipasi paling sederhana yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah mengedukasi diri, kerabat, maupun tetangga sekitar mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan apabila gempa bumi terjadi di daerah kita, yaitu seperti :

  1. Apabila sedang berada di dalam rumah dan tidak bisa keluar ketika gempa sedang terjadi, segera berbaring meringkuk lah di sebelah sofa atau kursi besar.
  2. Jangan mengevakuasi diri melalui tangga.
  3. Berdirilah di dekat dinding paling luar dari bangunan, atau disebelah luarnya jika memungkinakan.
  4. Jangan berlindung dibalik pintu
  5. Jangan berlindung di dalam kendaraan

Dengan menerapkan hal demikian, diharapkan dapat meminimalisir adanya kemungkinan jatuhnya korban jiwa akibat gempa bumi. Apabila terdapat anggota keluarga maupun tetangga sekitar yang sakit dan mengalami luka akibat gempa bumi yang melanda, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang baik dan tepat.

Sumber :

1. https://bnpb.go.id/potensi-ancaman-bencana

2. https://bpba.acehprov.go.id/index.php/informasi/read/2019/07/03/120/poster-tips-menghadapi-gempa.html