5 Langkah Persiapan Menghadapi Musim Kemarau

344

5 Langkah Persiapan Menghadapi Musim Kemarau

Menghadapi musim kemarau yang saat ini berangsur merata di Indonesia, memerlukan persiapan secara fisik maupun lingkungan yang ketat, hal ini dikarenakan perpindahan cuaca menjadi panas di indonesia menyebabkan kurangnya pasokan air dan menurunnya imunitas tubuh seseorang yang memiliki kondisi tubuh kurang fit.

Persiapan secara fisik dilakukan agar masyarakat tidak mudah terserang penyakit penyerta yang biasa datang bersamaan dengan musim kemarau seperti diare, infeksi saluran pernapasan, flu/pilek, hingga muntaber. Sedangkan persiapan lingkungan dilakukan untuk meminimalisir kekeringan dan kurangnya pasokan air, sehingga terganggunya konsumsi air harian dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah 5 Tips persiapan menghadapi musim kemarau yang dapat dilakukan sebagai langkah preventif, untuk meminimalisir dampak dari musim kemarau baik dari sisi kesehatan maupun lingkungan:

  1. Menjaga sumber atau mata air.

  2. Menggunakan air dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan.

  3. Cukupi kebutuhan air dalam tubuh

  4. Cukupi nutrisi vitamin harian tubuh.

  5. Menggunakan pakaian katun yang ringan

Dengan mengetahui 5 tips persiapan menghadapi musim kemarau di atas, diharapkan dapat dilakukan sedini mungkin untuk meminimalisir dampak lingkungan dan fisik yang biasa datang menyertai musim kemarau.

Tetap terapkan pola hidup bersih dan segera lakukan pemeriksaan apabila mengalami gejala penyakit, sehingga penanganan dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan dengan prosedur penanganan yang sesuai dengan diagnosa pada gejala yang muncul.