5 langkah Sederhana Menghindari Bencana Kekeringan

Jumat, 27 Agustus 2021

31

5 langkah Sederhana Menghindari Bencana Kekeringan

Berbeda dengan bencana alam lainnya, Dalam memastikan penyebab terjadinya kekeringan di Indonesia kita harus melihat kondisi per daerah. Kekeringan merupakan sebuah bencana yang juga melanda Indonesia di beberapa titik yang disebabkan oleh keadaan yang berbeda satu sama lain, seperti salah satunya karena kebiasaan masyarakat Indonesia yang membuang air bersih yang tidak terpakai.

Kebiasaan masyarakat yang boros dalam menggunakan air, terutama bagi masyarakat yang menggunakan air tanah, merupakan hal yang dapat menyebabkan terjadi kekeringan di suatu daerah. Dampak berkepanjangan dari bencana kekeringan ini, akan sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup masyarakat, seperti banyaknya tanaman yang akan mati, dan juga hal ini akan berefek pada meningkatnya polusi udara di daerah tersebut.

Dalam mencegah terjadinya hal – hal di atas, berikut ini merupakan 5 langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari bencana kekeringan:

  1. Menggunakan sumber air dengan hemat dan sesuai dengan kebutuhan kita sehari - hari
  2. Melakukan penanaman pohon sebanyak mungkin di lingkungan sekitar rumah kita
  3. membuat waduk yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar yang berfungsi sebagai daerah penampung air dengan volume yang cukup besar
  4. memperbanyak daerah resapan air, sekaligus mengurangi penutupan saluran resapan air tersebut dengan plester atau bahkan ubin.
  5. memberikan perlindungan kepada sumber-sumber air bersih yang tersedia, serta melakukan panen dan konservasi air

Dengan memperhatikan 5 hal  diatas, maka kemungkinan akan terjadinya bencana kekeringan dapat di minimalisir sehingga tidak menimbulkan kurangnya ketersediaan air bagi makhluk hidup yang sangat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan kita bersama.

Sumber :

1. https://bpbd.tasikmalayakota.go.id/wp-content/uploads/2018/02/05122017-siaga-bencana-kekeringan-1-1.jpg