5 Tips Menjaga Kesehatan saat Musim Hujan

123

5 Tips Menjaga Kesehatan saat Musim Hujan

Di tengah musim hujan seperti saat ini, penting bagi kita untuk terus menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dilakukan guna meminimalisir berbagai paparan penyakit penyerta musim hujan yang akan menyerang tubuh dengan kondisi imun yang kurang baik.

Adapun penyakit penyerta musim hujan yang rawan terjadi di tengah masyarakat diantaranya adalah flu, diare, hingga demam berdarah. Sehingga dengan melakukan beberapa cara dibawah ini, diharapkan dapat meminimalisir potensi terpapar penyakit selama musim hujan.

Tips Menjaga Kesehatan saat Musim Hujan.

Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan selama musim hujan yang penting untuk diketahui oleh masyarakat, diantaranya adalah:

  1. Mencuci tangan menggunakan sabun, untuk meminimalisir risiko terkena infeksi virus dan bakteri yang banyak berkembang selama musim hujan berlangsung.

  2. Meminimalisir intensitas menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, karena virus flu pada umumnya masuk melalui mata, hidung dan mulut yang terbawa oleh telapak tangan yang kotor.

  3. Melindungi diri dari air kotor atau kubangan air, karena hal tersebut merupakan sumber penyakit dari diare, influenza, kolera, hingga infeksi jamur pada kulit.

  4. Rutin mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

  5. Cegah perkembangan populasi nyamuk dengan rutin membersihkan rumah, selokan, saluran air, dan tempat-tempat lain yang dapat menjadi tempat perkembangan nyamuk.

Dengan mengetahui berbagai tips menjaga kesehatan saat musim hujan di atas, diharapkan masyarakat dapat menjalani aktivitas harian selama musim hujan dengan sehat dan bugar.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit, agar bisa mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat dari petugas kesehatan.