5 Tips Sehat saat Puasa di Musim Pancaroba

627

5 Tips Sehat saat Puasa di Musim Pancaroba

Bulan ramadhan yang bertepatan dengan musim pancaroba tahun ini, akan cukup mengkhawatirkan bagi beberapa orang. Hal ini dapat dilihat dengan kondisi yang panas ketika siang hari, dan hujan lebat saat malam hari, akan menyebabkan sebagian masyarakat yang tidak memiliki daya tahan tubuh yang baik akan berpotensi mengalami penyakit penyerta musim pancaroba seperti diare dan influenza.

Melihat kondisi tersebut, perlu bagi kita untuk mulai menerapkan sikap waspada dan melakukan persiapan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk meminimalisir berbagai potensi penyakit penyerta musim pancaroba.

Tips Sehat Saat Puasa di Musim Pancaroba

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan selama puasa di musim pancaroba yang dapat dilakukan, diantaranya adalah:

  1. Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, yaitu dengan minum 8 gelas air putih perhari

  2. Mengkonsumsi makanan yang sehat

  3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

  4. Menjaga pola tidur

  5. Tetap melakukan aktivitas fisik ringan minimal 30 menit perhari.

Dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat selama menjalankan puasa di musim pancaroba, diharapkan dapat meminimalisir potensi paparan penyakit penyerta musim pancaroba. Sehingga dengan demikian, aktivitas ibadah dan harian kita dapat berjalan dengan lancar.

Segera batalkan puasa apabila terdapat masalah kesehatan yang dirasakan dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat agar bisa mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat dari petugas kesehatan.