6 Hal Penting yang harus Kamu lakukan Pasca Banjir

1,898

6 Hal Penting yang harus Kamu lakukan Pasca Banjir

Sebagai salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia, banjir sudah menjadi hal yang umum apabila musim hujan datang, terutama di beberapa daerah yang minim resapan air. Secara definisi, banjir merupakan sebuah keadaan dimana suatu daerah tergenang oleh air dalam jumlah yang besar. Dengan penyebab yang cukup kompleks, penyelesaian permasalahan banjir di tengah masyarakat harus mendapatkan perhatian khusus dari seluruh elemen.

Selain dapat menjadi sumber penyakit, banjir yang menggenangi rumah warga juga akan memberikan dampak secara fisik, seperti terganggunya mobilitas, bangunan yang rusak, hingga memakan korban jiwa akibat dari aliran air yang deras, maupun reruntuhan bangunan.

Meski biasanya banjir berlangsung tidak lama, surut nya banjir yang menggenangi suatu daerah tidak bisa serta merta dianggap selesai, karena terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan oleh masyarakat pasca terjadinya banjir, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Secepatnya membersihkan rumah dan halaman dari sisa air banjir, lumpur dan sampah.

  2. Waspada terhadap kemungkinan binatang berbisa seperti ular, lipan, hingga nyamuk yang terbawa aliran banjir.

  3. Segera gunakan persediaan air bersih untuk mengurangi risiko diare.

  4. Gunakan antiseptik untuk membunuh kuman-kuman penyakit

  5. Selalu waspada terhadap potensi banjir susulan.

  6. Waspada terhadap aliran listrik dan gas yang ada di dalam rumah.

Dengan memperhatikan beberapa tips pasca banjir di atas, diharapkan mampu meningkatkan kewaspadaan kita terhadap hal-hal yang tidak diinginkan pasca banjir terjadi. Tetap waspada dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan yang tidak terdampak, untuk segera mendapatkan pelayanan dan penanganan secara cepat dan tepat.