6 Persiapan Menghadapui Musim Hujan

924

6 Persiapan Menghadapui Musim Hujan

Saat ini Indonesia tengah memasuki musim hujan, dimana beberapa daerah memiliki tingkat intensitas yang cukup berbeda satu dengan yang lainnya, sehingga hal tersebut membuat masyarakat harus melakukan persiapan seperti kesehatan dan berbagai peralatan yang dapat membantu di segala kondisi cuaca.

Adanya persiapan dalam menghadapi musim hujan, akan memudahkan masyarakat ketika hujan turun di waktu yang tidak menent. Selain itu, persiapan yang dilakukan juga mampu menghindarkan masyarakat dari potensi paparan penyakit penyerta yang biasa datang bersamaan dengan musim hujan seperti flu, Diare, leptospirosis yang terbawa bersama banjir, hingga penyakit kulit dan demam berdarah.

Persiapan Menghadapi Musim Hujan

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk melindungi kita saat musim hujan berlangsung, diantaranya adalah:

  1. Payung atau jas hujan

  2. Memakai jaket dan pakaian hangat

  3. Jaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi dan rutin berolahraga

  4. Menutup tempat penampungan air

  5. Memastikan kendaraan dalam kondisi baik

  6. Kerja bakti untuk membersihkan selokan atau parit, sehingga meminimalisir potensi banjir akibat saluran air yang tersumbat.

Dengan menerapkan berbagai persiapan di atas, diharapkan masyarakat dapat lebih siap dalam menjalani aktivitas di tengah musim hujan seperti saat ini.

Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta bersegera dalam melakukan pemeriksan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit penyerta di musim hujan, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.