6 Tips Merawat Masker Kain Selama Masa Pandemi

Senin, 26 Juli 2021

3

6 Tips Merawat Masker Kain Selama Masa Pandemi

Dengan menyebarnya Covid-19 varian Delta yang memiliki tingkat penyebaran yang cukup tinggi, ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan untuk melawan varian Delta ini, salah satunya dengan menggunakan masker secara dobel.

Menggunakan masker secara dobel dengan kombinasi masker medis dan masker kain pada lapisan luar, merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan selama masyarakat masih bertarung dengan Covid-19, terutama pada varian Delta. Selain bisa untuk tampil secara Stylish, penggunaan masker kain pada lapisan luar sangat berguna untuk memastikan kerapatan antar sisi masker, sehingga masker yang digunakan dapat melakukan perlindungan secara maksimal terhadap anggota wajah yang menjadi lokasi vital dalam penyebaran Covid-19.

Selain praktis dan dapat menutupi area – area yang masih terbuka ketika menggunakan masker medis, masker kain juga memiliki keunggulan, karena dapat digunakan kembali tanpa harus di buang. Meskipun terdengar tidak higienis, namun ada beberapa cara yang direkomendasikan untuk mencuci masker kain yang baik dan benar :

  1. Rendam Masker dengan menggunakan air hangat dan detergen.

  2. Setelah menunggu selama 10 menit, masker kain yang telah direndam, dapat segera dikucek secara lembut.

  3. Bilas masker dengan menggunakan air bersih yang mengalir.

  4. Keringkan di bawah sinar matahari secara langsung

  5. Setelah kering, setrika masker dengan suhu sesuai dengan ketahanan masker tersebut.

  6. Masker yang telah selesai dapat diletakkan di tempat yang bersih dan siap untuk digunakan kembali.

Berikut adalah enam langkah dalam perawatan masker kain selama masa pandemi Covid-19 dengan varian Delta berlangsung. Diharapkan masyarakat bisa menggunakan masker secara dobel dan tidak lagi ragu dalam menggunakan masker kain sebagai pelapis kedua setelah masker medis.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/tips-mencuci-masker-kain