Banten Kembali Diguncang Gempa

Rabu, 09 November 2016

560

Banten Kembali Diguncang Gempa

Setelah pada Selasa pagi Banten diguncang gempa dengan kekuatan 5,8 SR, kembali pada hari Rabu, 9 November 2016 pukul 11:05 WIB, menurut laporan dari BMKG, Banten dan Jawa Barat diguncang gempa dengan kekuatan 4,5 SR. Episentrum gempa terletak di 90 arah barat daya Sukabumi dengan kedalaman gempa yaitu 29 km. Dari hasil analisa peta guncangan BMKG, ada beberapa wilayah di Banten dan Jawa Barat yang merasakan gempa ini yakni Cicatang, Bayah, Sawarna, Bantarkalapa, Ganesa, Pelabuhanratu, Cigombong, Ujunggenteng, Bantarpanjang, dan Cikaret. Menurut laporan di daerah ini gempabumi bisa dirasakan dan para penduduk berhamburan keluar rumah untuk menyelematkan diri.

Gempa ini berpusa di laut dan kedalamannya dangkal, tetapi karena kekuatannya kecil maka gempa ini tidak berpotensi tsunami. Berdasarkan pemantauan di website BMKG per 9 November 2016 pukul 14:27 WIB, belum terdapat gempa susulan akibat gempabumi selatan Banten ini, masyarakat pesisir selatan wilayah Banten dan Jawa Barat diharapkan agar tetap tenang.

Sumber : http://www.bmkg.go.id/info-aktual/?p=banten-kembali-diguncang-gempabumi-tidak-berpotensi-tsunami&tag=info-aktual&lang=ID