Cara Bertahan Diri Di Tengah Angin Puting Beliung Saat di Luar Rumah

Monday, 16 August 2021

22

Cara Bertahan Diri Di Tengah Angin Puting Beliung Saat di Luar Rumah

Angin puting beliung merupakan sebuah bencana alam yang lebih sering di temukan di daerah yang tropis seperti Indonesia. Penyebab utama dari adanya bencana ini adalah perbedaan tekanan yang cukup signifikan dalam suatu sistem cuaca, hal ini lah yang membuat bencana angin puting beliung sering ditemukan pada masa pancaroba.

Pada saat terjadinya angin puting beliung, akan terdapat pusaran angin yang sangat kencang dengan kecepatan hingga 120 km/jam atau bahkan lebih. Dengan kecepatan yang sangat tinggi tersebut, angin puting beliung akan mengakibatkan banyaknya kerusakan yang terjadi di area yang dilalui oleh angin tersebut. 

Dengan tingkat bahaya yang cukup tinggi, bagi beberapa orang yang sedang berada di luar ruangan memiliki risiko yang sangat besar ketika angin puting beliung ini berlangsung. Meskipun bencana tersebut akan terjadi hanya dalam kurun waktu 5 – 10 menit, namun dengan kekuatan tersebut sudah sangat cukup untuk meluluh lantakan apa yang ada di lokasi tersebut.

Untuk itu perlu diketahui oleh semua orang, terutama yang sedang berada di luar rumah untuk mengetahui apa yang harus ketika berada di luar rumah atau ruangan tertutup selama terjadi angin puting beliung :

  1. Segera tinggalkan kendaraan yang sedang dikendarai, karena hal tersebut akan menyulitkan dalam proses evakuasi diri ke tempat yang lebih aman.

  2. Jika terasa petir menyambar, segera merunduk atau duduk dengan tangan memeluk lutut di dekat dada dan jangan tiarap di atas tanah

  3. Hindari lokasi lokasi seperti jembatan, jalan layang atau reklam yang sangat rawan untuk dijadikan tempat untuk berlindung

  4. Tetap waspada dan perhatikan lingkungan sekitar, karena dikhawatirkan angin puting beliung akan menerbangkan benda – benda yang dapat membuat cedera atau bahkan kematian.

Dengan mengetahui hal diatas, diharapkan masyarakat bisa lebih siap untuk menghadapi bencana angin puting beliung yang terjadi secara tiba – tiba. Jika mengalami cedera selama angin puting beliung berlangsung, dihimbau untuk bisa langsung memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan yang tersedia.

Sumber :

  1. https://pusdataru.jatengprov.go.id/ppid/dokumen/bencana/Apa-itu-puting-beliung-dan-cara-menghadapi-puting-beliung.pdf 

  2. https://pa-jakartapusat.go.id/prosedur-evakuasi/