Cegah Dehidrasi Selama Puasa di Musim Pancaroba

48

Cegah Dehidrasi Selama Puasa di Musim Pancaroba

Ketidakjelasan cuaca atau pancaroba yang bertepatan dengan ramadhan dalam beberapa minggu ini cukup mengkhawatirkan bagi sebagian orang. Panas yang menyengat dan kemudian hujan disaat malam hari, akan membuat sebagian orang yang tidak memiliki kondisi imun atau daya tahan tubuh yang baik, mengalami berbagai penyakit seperti flu dan demam.

Selama berpuasa pada bulan ramadhan, tubuh kita akan kekurangan cairan yang sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan menjaga kestabilan tubuh. Sehingga dengan demikian, pemenuhan cairan dengan minum 8 gelas sehari pada saat sahur dan berbuka menjadi sangat penting.

Berikut ini adalah alur minum 8 gelas sehari untuk mencegah dehidrasi ditengah musim pancaroba dan ramadhan, diantaranya adalah:

- 1 (satu) gelas setelah bangun tidur

- 1 (satu) gelas selepas sahur

- 1 (satu) gelas saat berbuka puasa

- 1 (satu) gelas setelah shalat Maghrib

- 1 (satu) gelas setelah makan malam

- 1 (satu) gelas setelah shalat Tarawih

- 1 (satu) gelas setelah shalat Isya

- 1 (satu) gelas sebelum tidur

Dengan minum 8 gelas air putih perhari diharapkan mampu menghindarkan kita dari dehidrasi selama pancaroba dan bulan ramadhan. Jangan lupa juga untuk diimbangi dengan berolahraga ringan selama 30 menit dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi simbang.

Selain itu, tetap patuhi protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi untuk meminimalisir paparan Covid-19 di sekitar kita.