Cegah Demam Berdarah dengan 3M Plus

Minggu, 18 Oktober 2020

61

Cegah Demam Berdarah dengan 3M Plus

Hingga saat ini belum bisa dipastikan kapan pandemi virus Corona atau Covid-19 akan berakhir. Kondisi membuat masyarakat dihimbau untuk menjaga kesehatan dan kondisi lingkungan sekitarnya, termasuk menjaga lingkungan dengan memberantas sarang nyamuk menggunakan 3M Plus. Sebagai informasi tambahan, berikut langkah 3M Plus yang bisa diterapkan meminimalkan penyebaran penyakit Demam Berdarah.

1. Menguras dan menyikat tempat penampungan air secara rutin
Langkah pertama ialah menguras. Minimal Anda bisa menguras tempat penampungan air secara rutin satu kali dalam seminggu. Pastikan pula Anda menyikat dinding tempat penyimpanan air karena teluk nyamuk biasanya akan menempel dengan kuat pada permukaan dinding penampungan air.

2. Menutup rapat semua tempat penyimpanan air
Kedua menutup tempat penyimpanan air setelah Anda selesai menguras air. Pastikan Anda menutupnya dengan rapat untuk mencegah nyamuk bertelur di sana. Ingat, nyamuk sangat menyukai tempat-tempat lembab yang kotor atau tidak pernah dibersihkan.

3. Memanfaatkan limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (mendaur ulang)
Terakhir mendaur ulang atau memanfaatkan limbah dari barang-barang bekas yang bernilai ekonomis. Anda bisa menyingkirkan barang-barang tersebut dengan cara di daur ulang dan digunakan sebagai barang yang lebih bernilai. Perlu Anda ketahui beberapa barang bekas bisa menampung air hujan dan air lainnya sehingga akan mengumpulkan genangan air yang bisa menjadi sarana nyamuk untuk bertelur.