Cegah Hipertensi Saat Ibadah Haji

133

Cegah Hipertensi Saat Ibadah Haji

Terjaganya kesehatan selama melakukan rangkaian haji, merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh seluruh jamaah haji. Karena hanya dengan demikian, prosesi ibadah di Tanah Suci dapat berjalan dengan lancar. Namun, padatnya kegiatan selama melakukan rangkaian haji, membuat sebagian masyarakat mengalami kelelahan dan sakit, dan yang paling banyak ditemukan adalah penyakit hipertensi.

Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah sistolik yang mencapai lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada pengukuran yang dilakukan dua kali dengan selang waktu lima menit dalam keadaan tenang atau cukup istirahat.

Melihat kondisi diatas, maka penting bagi kita untuk melakukan langkah preventif yang akan mencegah seseorang terkena hipertensi selama berada di Tanah Suci Mekkah.

Berikut ini adalah beberapa tips terhindar dari hipertensi saat melaksanakan haji yang wajib kita ketahui bersama:

  1. Hindari kelelahan

  2. Sesuaikan aktivitas dengan kondisi kesehatan

  3. Jaga keseimbangan pola makan

  4. Rutin periksa kesehatan

  5. Konsumsi obat secara teratur sesuai anjuran dokter

  6. Makan buah dan sayur

Menjaga kesehatan selama beribadah haji adalah hal yang sangat penting. Untuk itu, dengan menerapkan beberapa cara terhindar dari hipertensi saat haji diatas, diharapkan mampu meminimalisir potensi terserang hipertensi saat melakukan rangkaian kegiatan haji.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat ketika mengalami gejala hipertensi, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat, tepat, dan sesuai dengan gejala penyakit yang muncul.