Cegah Masalah Jantung Setelah Sembuh dari Covid-19

Thursday, 21 October 2021

53

Cegah Masalah Jantung Setelah Sembuh dari Covid-19

Adanya masalah kesehatan merupakan hal yang sangat rentan terjadi pada seseorang yang baru sembuh dari Covid-19, mulai dari adanya gejala ringan seperti pusing dan sesak hingga gejala berat seperti gangguan pernafasan dan penyakit jantung. Dalam keterangan yang diberikan oleh Wendy Post, M.D. selaku Ahli Jantung, bahwa virus SARS-CoV-2 dapat merusak otot jantung dan mampu mempengaruhi fungsi dari jantung itu sendiri.

Pada kondisi jantung milik penyintas Covid-19, adanya kerusakan jantung sangat dimungkinkan karena Infeksi virus corona juga mempengaruhi permukaan bagian dalam vena dan arteri, yang dapat menyebabkan peradangan pembuluh darah, kerusakan pada pembuluh darah yang sangat kecil, dan pembekuan darah, yang semuanya dapat mengganggu aliran darah ke jantung atau bagian tubuh lainnya.

Melihat hal demikian, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai terkait masalah jantung pasca terserang Covid-19, agar mampu menjadi salah satu tindakan preventif :

  1. Pembacaan saturasi oksigen di bawah 92%.

  2. Bibir atau wajah kebiruan.

  3. Serangan tiba-tiba

  4. Keadaan memburuk saat berbaring

  5. Keadaan memburuk saat pengerahan tenaga.

  6. Kelelahan atau pembengkakan pergelangan kaki

  7. Sakit dada.

Dengan mengetahui dan memberikan perhatian khusus terhadap gejala-gejala di atas, diharapkan dapat menjadi sebuah langkah preventif agar segera mendapatkan penanganan dan tindakan dari para tenaga kesehatan.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/waspada-masalah-jantung-setelah-pulih-covid-19