Cegah Penyakit Penyerta Pasca Banjir

370

Cegah Penyakit Penyerta Pasca Banjir

Kurangnya daerah resapan air sehingga membuat hujan besar tidak dapat kembali terserap kedalam tanah, merupakan salah satu penyebab banjir di beberapa tempat di Indonesia. melihat kondisi tersebut, maka berbagai persiapan seperti edukasi mencegah terjadinya banjir hingga mewaspadai penyakit penyerta banjir menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Banjir adalah kondisi dimana suatu darah tergenang oleh air dalam jumlah yang besar dan dalam jangka waktu tertentu. Kondisi menggenangnya air yang kotor di tengah pemukiman masyarakat, sudah dapat dipastikan memiliki efek terhadap kesehatan apabila tidak menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Penyakit penyerta Pasca Banjir

Berikut ini adalah beberapa penyakit penyerta banjir yang umum ditemui di tengah masyarakat, diantaranya adalah:

  1. Diare

  2. Demam Berdarah

  3. ISPA

  4. Tipes

  5. Penyakit Kulit

Dengan mengetahui beberapa potensi penyakit pasca banjir diatas, diharapkan masyarakat bisa terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat, terutama setelah terjadinya banjir di daerah lingkungan sekitar.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami salah satu dari beberapa penyakit penyerta pasca banjir di atas ke fasilitas kesehatan terdekat, agar bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.