Diguyur Hujan Lebat, Banjir Kembali Terjang Kota Semarang

Rabu, 24 Pebruari 2021

115

Diguyur Hujan Lebat, Banjir Kembali Terjang Kota Semarang

Hujan dengan intensitas lebat menerjang Kota Semarang, Jawa Tengah, pada hari Selasa (23/2/2021) selama 2 (dua) jam sejak pukul 16.00 WIB. Akibatnya, Kota Semarang kembali dilanda banjir. Kawasan Simpang Lima Semarang dan sejumlah jalan protokol terendam banjir dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa. Di Jalan Pahlawan, genangan juga terpantau cukup tinggi. Polisi menutup sementara Jalan Pahlawan mulai dari air mancur hingga Simpang Lima. Genangan air juga memasuki kawasan Kantor Gubernur Jawa Tengah di Gedung B. Tempat parkir puluhan motor dan mobil pun terendam banjir dengan ketinggian hingga mencapai 50 cm.

Data BPBD Kota Semarang menyebut genangan air juga terjadi di sejumlah titik dengan ketinggian bervariasi antara 20-75 cm. Wilayah yang terdampak banjir antara lain daerah Krobokan, Kaligawe, Kemijen, Simongan, Jalan Pemuda, Jalan Imam Bonjol, Citarum, Tambak Dalam, Semarang Indah, Genuk, Muktiharjo, Jagalan, Dadapsari dan Pandean Lamper.

Stasiun Semarang Tawang juga kembali kebanjiran. Banjir yang menerjang mencapai 75 cm sehingga masuk ke area pintu masuk stasiun dan parkiran dengan titik banjir setinggi 40 cm.Banjir bahkan menggenangi rel di stasiun tersebut dengan ketinggian mencapai 14 cm. akibat banjir tersebut, ada sejumlah kereta api yang terganggu perjalanannya. Aktivitas naik dan turun penumpang di Stasiun Tawang dialihkan ke Stasiun Poncol.

Saat ini sejumlah titik banjir dilaporkan sudah mulai surut. Situasi terpantau aman terkendali dan belum ada laporan adanya pengungsi atau permasalahan kesehatan.