Etika Mencegah Penyebaran Influenza di Tempat Umum

279

Etika Mencegah Penyebaran Influenza di Tempat Umum

Masker merupakan sebuah perlengkapan yang saat ini sangat penting untuk selalu digunakan ketika beraktifitas. Karena selain meminimalisir paparan debu dan Covid-19, tapi juga mampu mencegah berbagai penyakit lainnya, salah satunya adalah influenza. Influenza merupakan salah satu penyakit infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus dan menular melalui udara.

Gejala umum yang diderita oleh pasien yang mengalami influenza adalah demam, menggigil, nyeri tenggorokan, batuk, pilek, hingga lemas. Cara tebaik dalam menahan laju penularan adalah dengan menggunakan masker, sehingga penggunaan masker yang baik dan benar, akan dapat melindungi seseorang dari paparan influenza.

Berikut ini adalah beberapa langkah tepat dalam menggunakan masker, diantaranya adalah :

1. Cuci tangan sebelum menyentuh masker

2. Periksa kondisi masker, pastikan tidak rusak dan sobek

3. Posisikan masker yang berwarna berada di bagian luar

4. Mengganti masker sesering mungkin

5. Tekuk sisi yang keras mengikuti bentuk hidung, serta pastikan sisi pipi dan dagu terlindungi

Dengan menerapkan 5 langkah menggunakan masker yang baik dan benar seperti panduan diatas, diharapkan mampu memberikan proteksi maksimal dari paparan virus baik Covid=19 maupun Influenza. Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala Influenza, agar segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.