Gempa 7,4 Melanda NTT 6 Orang Luka dan 770 Orang Terdampak

51

Gempa 7,4 Melanda NTT 6 Orang Luka dan 770 Orang Terdampak

Indonesia dikejutkan dengan gempa dengan magnitudo 7,4 pada tanggal 14 Desember 2021 pada pukul 10.20 WIB  yang melanda Kabupaten Flores Timur, NTT. Lokasi pusat gempa yang berada di Laut Flores merupakan gempa akibat aktivitas sesar aktif dengan mekanisme sesar mendatar berarah barat barat laut hingga timur tenggara.

Berdasarkan catatan BMKG tak lama berselang terjadi dua kali gempa susulan dengan M 5,6 dan M 5,5 hingga sempat adanya peringatan dini terjadinya tsunami. Dampak kerusakan akibat gempa ini dirasakan masyarakat di daerah Pulau Bonerate di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, serta di Larantuka.

Dilaporkan 5 orang luka ringan dan 1 orang lainnya luka berat di Kabupaten Selayar dan 1 orang terluka di Kabupaten Manggarai. BMKG telah mengeluarkan peringatan dini dan menyatakan wilayah Flores Timur bagian utara, Pulau Sikka, Sikka bagian utara, dan Pulau Lembata masuk dalam kategori waspada. Walaupun tak lama peringatan dini tsunami dicabut, namun masyarakat telah bersiap-siap mengungsi di tempat tinggi untuk menghindari bencana tsunami. Sebanyak 770  orang di Kabupaten Sikka mengungsi, namun tak lama berselang kembali ke rumah masing-masing.