Gempa M 6,5 Guncang Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah

Selasa, 27 Juli 2021

220

Gempa M 6,5 Guncang Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah

Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah diguncang gempa sebanyak dua kali pada tanggal 26 Juli 2021. Gempa pertama terjadi pada pukul 10.32 WIB dengan M 5,9, wilayah terdampak gempa ialah III-IV Ampana, III Poso, II-III Malili Kabupaten Luwu Timur, II-III Palu, dan II Toli-toli. Pada malam hari pukul 19.09 WIB masyarakat kembali dikejutkan gempa dengan magnitudo lebih besar yaitu 6,5 dengan wilayah terdampak lebih luas yaitu V-VI Ampana, V Poso, V Morowali, III-IV Bolmong Selatan, III-IV Bolmong Timur, III - IV Kotamobago, III-IV Buol, III-IV Bone Bolango, II-III Bobong, II-III Konawe Utara, II - III Tomohon, II - III Manado, II - III Kolaka Utara, II-III Masamba, II Mamuju Tengah, II Polewali, III-IV Kota Gorontalo, III-IV Kabupaten Gorontalo, III-IV Pohuwato, V Luwuk.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, berdasarkan episenter dan hiposenternya gempa merupakan gempa dangkal akibat akibat adanya deformasi sesar lokal. BMKG mencatat adanya gempa susulan dengan M 3,4.

Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Tojo Una Una sebagian warga yang berada di sekitar pantai melakukan evakuasi ke tempat yang lebih tinggi. Saat ini masyarakat telah kembali ke kediaman masing-masing.

Saat ini kasus Covid-19 yang dirawat 281 orang, sembuh 610 orang, dan meninggal 20 orang. Langkah antisipasi terkait bencana perlu segera dilakukan pemerintah daerah baik Dinas Kesehatan dan BPBD, mengingat berdasarkan data InaRISK BNPB kabupaten ini merupakan wilayah dengan potensi bahaya gempa bumi kategori sedang-tinggi. Terdapat Sembilan kecamatan dengan potensi bahaya dengan jumlah penduduk 35.038 jiwa.

 

Sumber : BMKG, BNPB dan cnnindonesia.com