Gempa Nias Selatan Tidak Berpotensi Tsunami

89

Gempa Nias Selatan Tidak Berpotensi Tsunami

Tepat hari ini pada Senin 4 Maret 2022 Gempa bumi kembali terjadi di Indonesia. pusat gempa dideteksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berada di laut 154Km Tenggara Nias Selatan (0.66 LS 98.45 BT). Dengan gempa kekuatan  6,9 magnitudo pada kedalaman 26 Km, gempa ini dapat dirasakan di berbagai daerah seperti Nias Selatan, Padang, Siberut, Gunungsitoli, Padang Panjang dan Pariaman. Saat ini BMKG mengkonfirmasi bahwa gempa yang terjadi pada pukul 04.38 WIB tersebut tidak berpotensi tsunami.

Intensitas gempa yang cukup tinggi di Indonesia, mengharuskan masyarakat untuk bisa mengetahui bagaimana cara/tindakan yang harus dilakukan pasca gempa, hal ini diharapkan dapat lebih meminimalisir korban jiwa di tengah masyarakat akibat reruntuhan bangunan maupun aliran listrik. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu dilakukan pasca gempa :

1. Jangan panik dan selalu berdoa kepada tuhan yang maha esa

2. JIka anda berada dalam bangunan, keluar dari bangunan tersebut secara tertib.

3. Gunakan tangga darurat untuk dapat keluar dari gedung atau bangunan, serta hindari penggunaan lift.

4. Periksa lingkungan sekitar, apakah terdapat kebocoran gas, hubungan arus pendek listrik, atau hal-hal lain yang membahayakan.

5. Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa

6. Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, karena dikhawatirkan terdapat gempa susulan

7. Segera minta pertolongan apabila terjadi luka parah pada diri sendiri atau orang disekitar anda

Beberapa tips diatas, merupakan hal penting yang harus menjadi perhatian. Selain memberikan arahan yang jelas kepada masyarakat terhadap apa yang perlu dilakukan pasca gempa, diharapkan juga dapat meminimalisir korban jiwa. Tetap taati protokol kesehatan apabila berada di lokasi pengungsian, dan segera lakukan pemeriksaan apabila terdapat korban luka selama masa evakuasi.