Himbauan Pemerintah untuk Menekan Informasi Hoax di Tengah Masyarakat

Saturday, 29 May 2021

15

Himbauan Pemerintah untuk Menekan Informasi Hoax di Tengah Masyarakat

Pemerintah Indonesia memiliki tanggung jawab penuh kepada masyarakat dalam menjamin kesehatan dan keselamatan dari pandemi Covid-19, termasuk didalamnya adalah dengan memberikan jaminan dalam memberikan informasi yang valid agar masyarakat bisa terselamatkan dari informasi-informasi yang tersebar terkait pandemi Covid-19 dan cara penanganan yang salah.

Prof Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menghimbau kepada masyarakat agar tidak tersesat dalam menerima informasi. Masyarakat sepatutnya memilah informasi yang beredar di jagat maya. Dengan cara berimbang dan akan lebih baik melakukan verifikasi informasi dari sumber terpercaya. Bukan tanpa alasan, adanya himbauan tersebut berbanding lurus dengan dominasi informasi hoax yang tersebar di tengah masyarakat dan sosial media.

Adanya berita bohong dan tidak memiliki dasar informasi yang jelas, secara tidak langsung mempengaruhi dan menghambat upaya pemerintah dalam menangani pandemi di Indonesia, untuk itu Masyarakat harus selalu mencari fakta atas informasi dengan berlandaskan pada bukti-bukti ilmiah. Seta menjauhi berita atau informasi yang sumbernya tidak kredibel. Sehingga dengan demikian penanganan pandemi Covid-19 dari tingkatan pemerintah hingga masyarakat dapat berjalan dengan baik dan lebih cepat.

Sumber ;

1. https://covid19.go.id/berita/satgas-himbau-masyarakat-untuk-memilah-sumber-informasi-covid-19