Indonesia Miliki Obat Baru COVID-19 yang Lebih Efektif

186

Indonesia Miliki Obat Baru COVID-19 yang Lebih Efektif

Dalam upaya untuk menuntaskan kasus COVID-19 di Indonesia, saat ini terdapat obat baru COVID-19 yang tersedia di Indonesia. Obat tersebut telah dinilai lebih efektif dalam membantu proses penyembuhan pasien COVID-19.

Obat COVID-19 terbaru tersebut merupakan obat antivirus oral bernama nirmatrelvir/ritonavir atau Paxlovid. Obat tersebut akan diberikan kepada pasien dengan tingkat keparahan ringan hingga sedang dan berpotensi menjadi berat.

Dalam keterangannya, Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan menyatakan bahwa penyediaan stok obat tersebut di Indonesia merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam menjamin masyarakat mudah mengakses obat tersebut.

Lebih lanjut, Rizka Andalusia selaku Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan juga menegaskan bahwa obat Paxlovid tersebut sudah mendapatkan izin edar dari Badan POM serta telah terbukti dari uji klinisnya bahwa Paxlovid efektif untuk diberikan kepada pasien dengan tingkat keparahan ringan hingga sedang dan berpotensi menjadi berat.

Adanya obat Paxlovid tersebut merupakan hasil kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dengan pemerintah Amerika dan Australia. Adapun jumlah yang didonasikan kepada pemerintah Indonesia adalah sebanyak 24.096.

Nantinya, obat Paxlovid tersebut akan segera didistribusikan ke 34 provinsi yang ada di Indonesia, dengan tahap awal akan diprioritaskan kepada daerah yang sangat membutuhkan untuk melakukan penanganan pasien COVID-19 dengan tingkat keparahan ringan hingga sedang dan berpotensi menjadi berat agar bisa segera mendapatkan penanganan.