Indonesia Resmi Produksi Vaksin mRNA

155

Indonesia Resmi Produksi Vaksin mRNA

Sebagai salah satu bukti bahwa kemandirian produksi obat dan vaksin dalam negeri, tepat pada 07 Oktober 2022 lahirlah vaksin dengan platform teknologi berbasis messenger RNA (mRNA) di Indonesia. produk ini merupakan buah dari pengembangan industri berbasis bioteknologi yang dilakukan di Indonesia.

Kegiatan peresmian pabrik biofarmasi PT Etana Biotechnologies Indonesia ini dilakukan pada hari Jumat 07 Oktober 2022 di Jakarta dan turut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin bersama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, dan Kepala Badan POM Penny K Lukito.

Dalam keterangannya, Menteri Kesehatan menyatakan bahwa Kementerian Kesehatan mendorong pengembangan obat-obatan tidak hanya berbasis kimia, tetapi juga biologi. Hal ini selaras apabila kita melihat tren dunia dalam 10 tahun terakhir menunjukkan bahwa obat-obatan yang terjual di pasaran berbasis biologi, dan ditambah dengan biodiversitas dan keanekaragaman hayati genomik luar biasa yang dimiliki oleh Indonesia.

Di saat yang sama, Presiden Joko Widodo juga memberikan apresiasi dan menyambut baik PT Etana Biotechnologies Indonesia dalam memproduksi vaksin COVID-19 berbasis mRNA. Hal ini mengingat vaksin tersebut merupakan vaksin mRNA halal pertama di dunia, sekaligus yang pertama diproduksi di asia tenggara.

Sebagai penutup, Nathan Tirtana selaku Direktur Utama PT Etana Biotechnologies Indonesia juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Menteri Kesehatan karena telah memberikan kesempatan kepada produk yang dimilikinya terpilih dan digunakan untuk membantu kesehatan Indonesia.