Jawa Barat Siaga Bencana Alam

Share
By Staff PKK October, 12 2016 Info Penting
Jawa Barat Waspada Bencana Alam

Hingga akhir tahun 2016 wilayah Jawa Barat akan memasuki Musim Hujan, oleh sebab itu masyarakat dihimbau perlu waspada terhadap ancaman bencana alam seperti, Banjir Dan tanah longsor, hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Wilayah Jawa Barat memiliki potensi bencana banjir dan longsor cukup tinggi, oleh sebab itu bagi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana pelru mempersiapkan pencegahan bencana sejak dini. Sebab bencana itu akan terjadi karena bencana alam akan terjadi jika dipicu oleh cuaca, angin dan hujan. Saat ini Wilayah Indonesia sedang menghadapi anomali cuaca sehingga akan terjadi fenomena cuaca ekstram yang menyebabkan terjadinya angin kencang dan hujan lebat diatas rata rata dengan waktu yang cukup lama.

Saat ini Pemerintah jawa Barat terus mengupayakan peningkatan Mitigasi bencana terutama bagi daerah yang memiliki tingkat kerentanan bencana cukup tinggi. beberapa daerah yang memiliki ancaman bencana banjir dan longsor cukup tinggi adalah, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Tasikmalaya kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang (Sumber Antara.Jabar) daerah tersebut sangat rawan terjadi gerakan tanah yang menyebabkan longsor dan juga luapan sungai yang menyebabkan terjadinya banjir.

Saat ini sistem peringatan dini bencana sudah dilakukan dengan baik sebagai bentuk antisipasi dan kewaspadaan terhadap bencana alam saat musim hujan di Jawa Barat. Sementara itu sistem peringatan dini untuk pergerakan tanah selalu diawasi oleh tim vulkanologi dari pemerintah pusat. BMKG pun terus menghimbau bagi warga Jawa Barat, sebab Hujan lebat dengan intensitas tinggi masih akan terus terjadi di wilayah Jawa Barat selain itu Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air setiap hari melakukan pemantauan terhadap aliran sungai. Oleh karena itu, saat ini yang harus menjadi perhatian adalah perbaikan di kawasan hulu sehingga daerah tangkapan air semakin banyak kembali,

 

Sumber : http://bappeda.jabarprov.go.id/gubernur-jabar-imbau-warga-waspada-bencana-alam/

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait