Karakteristik Bencana Gelombang Pasang

Wednesday, 22 September 2021

41

Karakteristik Bencana Gelombang Pasang

Dengan kondisi Indonesia yang terdiri dari banyak pulau dan dikelilingi oleh hamparan laut yang luas, membuat Indonesia tidak bisa terlepas dari bencana – bencana yang bersumber dari laut itu sendiri.

Salah satu dari bencana alam tersebut adalah gelombang pasang. Gelombang pasang merupakan sebuah fenomena yang menunjukkan adanya gelombang besar dengan kekuatan diatas batas normal dari laut yang menuju kearah bibir pantai dan juga daratan. Adanya gelombang ini biasanya disebabkan adanya angin topan yang berada tidak jauh dari laut, gravitasi bulan dan juga matahari, serta perubahan cuaca yang terjadi secara cepat.

Degan kecepatan gelombang yang mencapai 10 hingga 100 km/jam ini, maka sangat berbahaya bagi masyarakat yang sedang berlayar di laut dan juga yang sedang berada di pinggir pantai. Untuk itu, berikut ini merupakan karakteristik dari Gelombang pasang yang dapat masyarakat ketahui bersama, agar dapat melakukan evakuasi dan juga persiapan lebih awal dan tidak terlambat :

1. Adanya angina yang sangat kencang berhembus di sekitar pantai

2. apabila ada sebuah badai yang terjadi di tengah laut, maka dipastikan adanya sebuah peningkatan gelombang air laut di sekitar pantai.

3. cuaca yang normal, berubah menjadi gelap secara tiba-tiba.

Dengan demikian, karakteristik timbulnya gelombang pasang yang akan menuju pantai dapat segera terdeteksi oleh masyarakat yang memiliki hunian di area pantai, sehingga proses evakuasi dan juga persiapan dapat dilakukan sedini mungkin guna meminimalisir adanya korban jiwa yang berjatuhan. Apabila terdapat korban jiwa, atau korban luka selama melakukan evakuasi, diharapkan masyarakat segera memberitahu dan melakukan pengobatan di fasilitas-fasilitas kesehatan yang tidak terdampak dengan gelombang pasang tersebut.

Sumber :

1. https://bpbd.cianjurkab.go.id/contents/detail_deskripsi.php?id=8