Kasus Aktif Kembali Naik, Masyarakat Harap Disiplin Protokol Kesehatan

81

Kasus Aktif Kembali Naik, Masyarakat Harap Disiplin Protokol Kesehatan

Tepat pada 09 Agustus 2022, kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia kembali mengalami perbaikan secara nasional, hal ini dikarenakan angka kesembuhan harian bertambah sebanyak 4850, dimana terbagi menjadi 4.825 transmisi lokal dan 25 Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Dengan angka tersebut, maka angka kumulatif terus meningkat dan kini telah menembus 6 juta orang yang dinyatakan sembuh.

Namun demikian, kasus aktif nasional atau pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan medis bertambah hingga 1408 kasus dan angka kematian juga bertambah menjadi 1 kasus transmisi lokal, sehingga saat ini angka kumulatif kasus aktif mencapai angka 51.041 kasus dan jumlah kematian nasional menjadi 157.131 kasus.

Dengan angka di atas, maka penting bagi kita untuk menanamkan rasa disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi. Karena hanya dengan demikian, kita mampu untuk membangun herd immunity atau kekebalan kelompok, serta meminimalisir kesakitan, hospitalisasi, dan kematian yang diakibatkan oleh paparan COVID-19.

Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala COVID-19 seperti demam, batuk, kehilangan rasa atau bau hingga nyeri dada dan kesulitan untuk bernafas, hal ini dilakukan agar pasien bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan sesuai dengan prosedur penanganan pasien terkonfirmasi COVID-19.