Kemenkes Gelar Konferensi Pers untuk Menjelaskan Tenaga Cadangan Kesehatan

314

Kemenkes Gelar Konferensi Pers untuk Menjelaskan Tenaga Cadangan Kesehatan

Bencana alam merupakan suatu kondisi yang tidak terduga dan dapat merusak alam serta mempengaruhi kesehatan masyarakat. Dengan kondisi tersebut, maka penting bagi kita untuk menerapkan sikap waspada dengan melakukan berbagai tindakan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari suatu bencana alam.

Melihat urgensi berikut, Kementerian Kesehatan melalui Pusat Krisis Kesehatan menginisiasi pembentukan Tenaga Cadangan Kesehatan (TCK) atau Emergency Medical Team (EMT).

Pembentukan Tenaga Cadangan Kesehatan dimaksudkan untuk memberi respon cepat terhadap suatu krisis kesehatan yang ditimbulkan akibat bencana alam, sehingga diharapkan dengan terbentuknya tenaga cadangan kesehatan di berbagai daerah, dapat memberikan pelayanan kesehatan sedini mungkin di lokasi bencana terdekat, sehingga dapat menekan angka kesakitan hingga kematian dari masyarakat yang terdampak.

Untuk memaparkan lebih jauh terkait Tenaga Cadangan Kesehatan ini, Kementerian Kesehatan menggelar konferensi pers yang dilakukan secara dari melalui zoom dan kanal youtube pada tanggal 21 Juni 2023. Dalam kegiatan tersebut. Dr. Sumarjaya, SKM, MM,MFP, C.F.A selaku Kepala Pusat Krisis Kesehatan yang dibantu dengan tim teknis menjelaskan mengenai operasional Tenaga cadangan Kesehatan tersebut.

Dalam konferensi pers tersebut, disiarkan secara umum dan juga turut dihadiri oleh berbagai media, sehingga dalam prosesnya, terjadi diskusi dan tanya jawab yang dapat menjelaskan terkait Tenaga Cadangan Kesehatan lebih baik lagi.