Kementerian Kesehatan RI ikut serta dalam memberikan Dukungan Kemanusiaan kepada Pemerintah Pakistan

135

Kementerian Kesehatan RI ikut serta dalam memberikan Dukungan Kemanusiaan kepada Pemerintah Pakistan

Jakarta, 06 Oktober 2022

 

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia turut serta berpartisipasi dalam memberikan dukungan kemanusiaan kepada Pemerintah Pakistan, untuk pemulihan serta meringankan beban masyarakat terdampak banjir bandang yang dipicu oleh hujan monsun sejak Juni 2022.

 

Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai koordinator penanggulangan bencana nasional Indonesia bersama dengan lintas sektor lain memberikan dukungan tenaga kesehatan sebanyak 29 personel yang terdiri dari komponen pentaheliks yang meliputi 10 dari TNI, 6 dari POLRI, 2 dari Universitas Andalas, 6 dari MDMC dan 5 dari Kementerian Kesehatan, yang salah satunya berasal dari Pusat Krisis Kesehatan.

 

Dukungan tenaga medis tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo, usai melepas bantuan kemanusiaan untuk Pemerintah Pakistan yang berisi logistik, peralatan dan dukungan materil.

 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, S.Sos, M.M., melepas secara simbolis pada tenaga kesehatan itu dengan menyematkan rompi kepada perwakilan masing-masing personel pada tanggal 06 Oktober 2022 di Aula Sutopo Purwonugroho BNPB.

 

Tim kesehatan yang dikirimkan ke Pakistan merupakan tim terbesar yang pernah dikirim Indonesia kepada negara lain dalam penanggulangan bencana alam. Tim kesehatan ini akan melaksanakan tugas kemanusiaan selama satu bulan. Melalui tim kesehatan yang dikirimkan, Kepala BNPB, berharap bahwa mereka mampu memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan dan membawa nama baik Indonesia di mata dunia.

 

Sumber: bnpb.go.id