Kenali Ancaman Penyakit saat Musim Pancaroba dan Pencegahannya

135

Kenali Ancaman Penyakit saat Musim Pancaroba dan Pencegahannya

Musim pancaroba merupakan kondisi transisi atau pergantian dari musim satu ke musim lainnya. Di indonesia sendiri, musim pancaroba terjadi diantara musim hujan dan musim kemarau ataupun sebaliknya yang ditandai dengan cuaca yang tidak menentu seperti angin yang bertiup sangat kencang dan diikuti oleh curah hujan yang relatif tinggi.

Selain itu, pancaroba juga sangat identik dengan penyebaran penyakit yang banyak menyerang masyarakat yang sedang dalam kondisi tidak fit atau kurang disiplin dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di kesehariannya.

Macam-Macam Penyakit Saat Musim Pancaroba

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sering ditemui di tengah masyarakat saat musim pancaroba berlangsung, diantaranya adalah:

  1. Flu, yang diikuti dengan gangguan pengecapan, demam, nyeri tenggorokan, gangguan penciuman hingga sesak napas

  2. Demam Berdarah, akibat dari perkembang biakan nyamuk dan kurangnya kewaspadaan masyarakat dalam menerapkan 3M Plus

  3. ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut seperti bronkitis, pilek, influenza dan batuk

  4. Chikungunya, yaitu sebuah penyakit yang gejalanya sekilas mirip dengan demam berdarah, yaitu demam, nyeri sendi, sakit kepala, nyeri otot, mual, ruam kulit dan kelelahan.

Tips Sehat Saat Pancaroba

Dengan mengetahui berbagai penyakit penyerta musim pancaroba diatas, diharapkan masyarakat bisa lebih waspada dengan menerapkan perilaku hidup sehat seperti:

  1. Istirahat yang cukup

  2. Makan makanan yang bergizi

  3. Rutin berolahraga

  4. Mengkonsumsi vitamin C yang cukup

  5. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan Hand Sanitizer

Tidak lupa untuk bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala penyakit diatas, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan.