Ketahui Yang Harus Dilakukan Apabila Terjadi Gempa Bumi

Jumat, 26 Pebruari 2021

300

Ketahui Yang Harus Dilakukan Apabila Terjadi Gempa Bumi

Secara geologis, letak Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng utama dunia yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik. Ditambah lagi dengan julukan ring of fire, atau Lingkaran Api Pasifik. Kedua hal tersebut yang menjadikan Indonesia sering mengalami bencana.

Pada awal tahun 2021, bencana selalu diterpa bencana salah satunya gempa. Gempa kuat yang mengguncang kawasan Kabupaten Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat pada tanggal 14 dan 15 Januari 2021 telah mengakibatkan kerusakan banyak gedung dan memakan puluhan korban jiwa. Untuk menghindari korban berjatuhan ketika terjadinya gempa maka diperlukan sosialisasi mengenai apa yang mesti kita lakukan.
Berikut ini 10 petunjuk yang dapat dijadikan pegangan di manapun kita berada.

1. Dalam rumah

Apabila gempa terjadi masuklah ke bawah meja yang kokoh untuk melindungi tubuh dari jatuhnya benda-benda. Jika tidak memiliki meja, lindungi kepala dengan bantal.

2. Kantor

Berlindunglah di bawah meja. Lindungi kepala, leher dan mata. Hindari pembatas kaca, jendela, lemari dan barang-barang yang belum diamankan.

3. Sekolah

Berlindunglah di bawah meja, lindungi kepala dengan tas atau buku, apabila mereda segera keluar dari ruangan dengan perlahan dan pergilah ke tanah yang lapang.

4. Jalan

Tetap lindungi kepala dengan barang yang kita bawa, dan segera menuju tanah lapang jauh dari pohon dan gedung.

5. Gedung, mall, bioskop, dan lantai dasar mall

Ikuti semua petunjuk dari petugas atau satpam dan tidak panik

6. Di dalam lift

Hindari penggunaan lift apabila terjadi gempa. Apabila sudah berada dalam lift tekan seluruh tombol dang segera keluar lift. Jika terjebak dalam lift, hubungi manajer gedung dengan interphone.

7. Kereta Api

Berpegangan erat pada tiang sehingga tidak mudah terjatuh apabila kereta dihentikan secara mendadak. Bersikap tenang lah mengikuti penjelasan dari petugas kereta.

8. Mobil

Jika terjadi gempa, hindari persimpangan dan pinggirkan mobil di kiri bahu jalan dan berhenti. Matikan mesin dan gunakan rem tangan, apabila harus mengungsi segera keluar dan tinggalkan mobil.

9. Gunung/pantai

Longsor akibat gempa bisa saja terjadi di gunung, maka segera ke tempat evakuasi. Sedangkan pesisir pantai bahaya datang dari tsunami, maka bila terjadi getaran segera mengungsi ke dataran tinggi.

10. Beri pertolongan

Berikan pertolongan pertama apabila ada yang cedera karena dampak dari gempa.

Selain 10 petunjuk di atas, tetap ikuti perkembangan informasi dari berbagai media dan ikuti arahan apabila ada arahan terkait gempa dan evakuasi.

Referensi: https://ppid.blitarkab.go.id/prosedur-darurat/prosedur-evakuasi-keadaan-darurat/prosedur-evakuasi-keadaan-darurat-bencana-gempa-bumi/