Maksimalkan Penanganan Covid-19, Masyarakat Dihimbau Tenang

Jumat, 22 Januari 2021

11

Maksimalkan Penanganan Covid-19, Masyarakat Dihimbau Tenang

Pandemi Covid-19 yang tengah mengepung dunia dengan sangat masif, tidak dapat dipungkiri bahwa akan memberikan kekhawatiran dan ketakutan bagi seluruh masyarakat. Di Indonesia sendir, hari libur panjang seperti libur Natal dan Tahun Baru 2021 yang lalu, merupakan salah satu waktu dimana penyebaran virus dapat terjadi dengan cepat sehingga menimbulkan kekhawatiran di tengah masyarakat akan terpapar dan juga tidak mendapatkan fasilitas kesehatan apabila rumah sakit penuh.

Menangkap kejadian tersebut, membuat pemerintah pada akhirnya melakukan tindakan antisipasi sedini mungkin dengan menambah kapasitas tempat tidur di rumah sakit mulai dari Desember 2021. Kol. Laut (K) dr. Tjahja Nurrobi M Kes SpOT selaku Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan upaya penambahan mulai dari Intermediate Care Unit (IMCU) hingga saat ini Wisma Atlet memiliki hingga 94 IMCu, dan juga tidak lupa dengan fasilitas lainnya yang dapat menunjang kualitas penanganan apabila terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Dengan melihat persiapan yang ada, Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp. THT-KL(K), MARS selaku Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir dan tetap tenang dan mempercayakan penanganan dan pengendalian Covid-19 kepada pemerintah. Masyarakat juga diharapkan juga tetap diharapkan bisa tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M dan mengurangi mobilitas di luar rumah, agar meminimalisir terinfeksi dan juga kematian akibat Covid-19.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/pemerintah-maksimalkan-penanganan-covid-19-masyarakat-dihimbau-tetap-tenang