Memahami Tanda Terjadinya Tsunami

Rabu, 18 Agustus 2021

25

Tsunami merupakan sebuah bencana alam yang terjadi akibat adanya gempa, letusan gunung, hingga longsor yang berada di kedalaman laut dengan kekuatan tertentu, sehingga menyebabkan terdorongnya gelombang laut menuju daratan.

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir tepatnya pada 22 Desember 2018, salah satu wilayah di Indonesia yaitu pesisir Banten dan Lampung, telah telah dihantam oleh tsunami yang disebabkan oleh adanya letusan dari anak Krakatau di selat sunda. Tsunami yang terjadi pada malam hari tersebut, telah memakan korban setidaknya 426 orang tewas dan 23 orang hilang dalam peristiwa tsunami ini.

Menyadari bahaya dan banyaknya korban yang berjatuhan akibat adanya bencana tsunami ini, memahami tentang tanda – tanda akan terjadinya tsunami merupakan sebuah hal yang harus dimengerti dan dipahami oleh masyarakat terutama yang bermukim di daerah pesisir. Berikut ini adalah 4 tanda – tanda umum yang terjadi apabila tsunami akan datang menuju daratan :

  1. Terasa adanya sebuah getaran atau gempa yang dapat dirasakan oleh masyarakat.
  2. Terjadinya penyurutan air laut secara tiba – tiba 
  3. Ketika proses berlangsung nya tsunami menuju daratan, terjadi suara seperti dentuman atau seperti suara pesawat dari arah laut.
  4. Dari arah laut, terlihat adanya sebuah gelombang yang memiliki warna pekat dan sejajar dengan permukaan laut.

Dengan memahami 4 tanda – tanda akan terjadinya tsunami, masyarakat diharapkan mampu melakukan evakuasi diri dan barang –barang berharga secepat mungkin, sehingga angka kematian serta korban dari bencana tsunami tersebut dapat diminimalisir. Apabila mengalami cedera fisik selama proses evakuasi dari tsunami tersebut, segera hubungi tenaga medis atau fasilitas kesehatan yang tidak terdampak untuk segera mendapatkan penanganan dan pengobatan.

Sumber = 

1.  https://kkp.go.id/djprl/jaskel/artikel/16417-leaflet-dan-poster-mitigasi-tsunami