Mengenal Cakupan Penanggulangan Krisis Kesehatan

163

Mengenal Cakupan Penanggulangan Krisis Kesehatan

Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang kita alami bersama merupakan satu dari sekian banyak bencana yang masuk dalam krisis kesehatan. Krisis kesehatan sendiri adalah sebuah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang menyebabkan timbulnya korban jiwa, korban luka/sakit, pengungsian, dan/atau adanya potensi bahaya yang berdampak pada kesehatan masyarakat yang membutuhkan respon cepat di luar kebiasaan normal dan kapasitas kesehatan tidak memadai.

Berangkat dari pengertian diatas, maka krisis kesehatan harus mendapatkan perhatian, respon, dan penanggulangan yang cepat agar dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa akibat bencana yang terjadi. Kegiatan penanggulangan krisis kesehatan mencakup banyak hal, diantaranya adalah:

  1. Kegiatan pra krisis kesehatan

  2. Tanggap darurat krisis kesehatan

  3. Pasca krisis kesehatan

Dengan demikian, kegiatan penanggulangan krisis kesehatan tidak hanya bertujuan untuk melakukan pencegahan penyebaran krisis kesehatan, namun juga melakukan pengurangan risiko krisis kesehatan dengan cara melakukan peningkatan peningkatan sumber daya kesehatan, pengelolaan ancaman terjadinya Krisis Kesehatan, dan pengurangan kerentanan.

Adanya serangkaian kegiatan penanggulangan krisis kesehatan, diharapkan mampu memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat dari adanya ancaman, risiko, dan dampak permasalahan kesehatan baik sebelum, saat, maupun pasca terjadinya krisis kesehatan terjadi.