Mengenal Penyakit Saat Musim Pancaroba

585

Mengenal Penyakit Saat Musim Pancaroba

Musim pancaroba atau musim peralihan seperti saat ini, menyebabkan adanya perubahan cuaca secara drastis dan tiba-tiba. Adanya perubahan cuaca yang drastis ini, tidak jarang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat, terutama bagi mereka yang sedang tidak berada dalam kondisi fit ataupun tidak menjalankan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Melihat hal tersebut, maka penting bagi masyarakat untuk mulai menerapkan sikap waspada terhadap berbagai ancaman penyakit penyerta musim pancaroba seperti saat ini. Hal ini dilakukan agar aktivitas harian dapat tetap berjalan dengan lancar dan terhindar dari berbagai penyakit.

Macam-Macam Penyakit saat Musim pancaroba

Berikut ini adalah beberapa macam penyakit saat musim pancaroba yang perlu diwaspadai oleh masyarakat, diantaranya adalah:

  1. Flu

  2. Demam Berdarah Dengue (DBD)

  3. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

  4. Diare

Beberapa jenis penyakit saat musim pancaroba diatas, dapat dicegah apabila kita menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, rutin berolahraga atau aktivitas fisik ringan, mencuci tangan sebelum makan dan menyentuh wajah, istirahat yang cukup hingga memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan rutin minum air putih sebanyak 8 gelas per hari.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit penyerta pancaroba diatas, agar bisa segera mendapatkan diagnosa dan penanganan secara cepat dan tepat dari petugas kesehatan.