Mengenal Tas Siaga Bencana

Wednesday, 20 October 2021

69

Mengenal Tas Siaga Bencana

Indonesia merupakan sebuah negara yang dikelilingi oleh banyak sekali hal-hal yang membuatnya rawan terkena bencana alam, seperti gunung – gunung aktif yang menyebabkan letusan gunung vulkanik, Laut yang dapat menyebabkan Tsunami dan juga geombang pasang, hutan – hutan yang berpotensi menimbulkan kebakaran hutan dan lain sebagainya.

Melihat potensi terhadap suatu bencana yang cukup tinggi, masyarakat diharapkan bisa selalu siap sedia dalam menghadapi adanya bencana alam atau fenomena alam dadakan yang menyebabkan seseorang harus pergi meninggalkan ruangan ataupun tempat tinggal.

Dengan meninggalkan tempat tinggal, makabekal dan juga persiapan merupakan hal yang sangat penting untuk dipersiapkan. Untuk itu, Tas Siaga Bencana merupakan solusi yang baik dan tepat bagi seluruh masyarakat untuk dipersiapkan.

Tas Siaga Bencana merupakan Tas yang digunakan oleh masyarakat untuk pergi meninggalkan rumah ketika bencana terjadi. Sehingga apabila bencana secara tiba-tiba terjadi, maka masyarakat bisa langsung keluar dari rumah dan langsung menggunakan tas yang telah dipersiapkan sebelumnya tersebut tanpa harus susah payah memilih dan memilah barang penting apa yang akan dibawa selama berada di pengungsian.

Tas Siaga Bencana ini terisi dengan Air Minum, Surat – Surat penting, Masker, Uang, Alat p3k, Peluit, Ponsel, Pakaian untuk beberapa hari, perlengkapan mandi hingga senter dan juga baterai. Dengan masuk nya barang – barang penting tersebut, apabila datang bencana secara mendadak, masyarakat dapat mengevakuasi diri lebih cepat sehingga terhindar dari dampak yang lebih besar yang disebabkan oleh bencana tersebut.

Sumber :

1. https://bpbd.bogorkab.go.id/isi-tas-siaga-bencana/